• Home
  • >
  • Berita
  • >
  • Artikel Lepas
Aplikasi gratis untuk Mining Bitcoin di Linux

Aplikasi Gratis Untuk Mining Bitcoin Di Linux

Mining cryptocurrency khususnya Bitcoin meningkat popularitasnya seiring dengan melonjaknya harga Bitcoin beberapa waktu lalu. Meskipun Bitcoin bisa dibeli, Bitcoin juga bisa didapatkan sebagai reward dari kegiatan mining.

Di windows atau Mac banyak sekali aplikasi mining. Begitu pula dengan Linux, pilihan mining bitcoin sangatlah banyak. Ketahui bagaimana cara mining Bitcoin di Linux dengan aplikasi gratis berikut ini!

Sebelum Memulai mining Bitcoin dengan Aplikasi Gratis

Yang terpenting saat melakukan mining Bitcoin menggunakan aplikasi gratis untuk Linux, pikirkan juga software dan hardware yang Coinvestors gunakan. Kebanyakan turunan dari Ubuntu dan Debian memiliki spesifikasi yangs esuai untuk menginstall aplikasi mining Bitcoin gratis ini. Meski begitu, sebaiknya tetap melakukan pengecekan terhadap setiap opsi yang ada.

Selain software, Coinvestors perlu memastikan bahwa hardware yang digunakan juga sesuai. Coinvestors bisa melakukan mining menggunakan perangkat GPU, ASIC, atau FPGA dan CPU. Software yang Coinvestors gunakan tergantung dari hardware apa yang ingin digunakan.

Meskipun Bitcoin memiliki status sebagai cryptocurrency yang paling terkenal, ada banyak cryptocurrency lainnya seperti Litecoin, Ethereum dan Monero. Kalau Coinvestors berencana untuk mining crypto selain Bitcoin, maka pertumbangkanlah untuk menggunakan software yang dapat melakukan mining beberapa jenis cryptocurrency, seperti Bitcoin dan Litecoin.

Terakhir, perencanaan mining yang akan Coinvestors lakukan sangat menentukan aplikasi mining Bitcoin gratis yang mana yang terbaik untuk diguankan. Ada solo mining yang mana merupakan mining pengguna tunggal. Cloud mining dengan keuntungan mining tanpa harus memelihara perangkat keras atau hardware. Mining pool merupakan pilihan yang paling popular di mana para miner bergabung menjadi satu grup dan berbagi tenaga processing dalam satu jaringan, membagi reward sama rata tergantung dengan besarnya kontribusi kerja yang dilakukan.

Aplikasi mining Bitcoin gratis yang Terbaik untuk Linux

Untuk melakukan mining Bitcoin di Linux menggunakan aplikasi gratis untuk laptop dan juga desktop, Coinvestors juga membutuhkan GPU yang mampu melakukan mining dan juga CPU yang cukup bagus. Sayangnya, dengan nilai cryptocurrency yang kerap naik turun, waktu terbaik untuk membeli sebuah GPU pun juga berubah-ubah. Kalau untuk gaming saja, Coinvestors punya banyak pilihan GPU untuk bertahan di era Bitcoin.

CGMiner

Di antara aplikasi gratis untuk mining Bitcoin di Linux yang umum, CGMiner menempati posisi teratas sebagai pilihan para miner. CGMiner diturunkan dari kode asli CPU Miner. Dengan software CGMiner, Coinvestors akan menemukan beragam pilihan mulai dari multi-GPU Support hingga kemampuan mining CPU dan kontrol kecepatan kipas.

Coinvestors dapat mengunduh CGMiner dari halaman GitHub nya. Dokumentasi fantastis, dan mudah untuk disiapkan.

MinerGate

Untuk pilihan yang lebih beragam, cobalah MinerGate. Bagi pengguna Linux, mining Bitcoin menggunakan MinerGate membutuhkan pendekatan yang berbeda daripada CGMiner. MinerGate menerapkan cloud mining. Coinvestor dapat mining Bitcoin di Linux menggunakan installer Ubuntu dan Fedora nya.

Karena MinerGate merupakan solusi cloud mining, maka Coinvestors harus membuat kontrak mining dan memilih berapa banyak yang ingin di invest atau hash ratenya. Selain Bitcoin, MinerGate memungkinkan Coinvestors untuk mining beragam cryptocurrency seperti Aeon, Ethereum, Monero, DigitalNote, dan Zcash.

Pilihan termasuk memilih GPU dan CPU mining, serta intensitas untu GPU mining dan jumlah inti untuk CPU mining. Smart miner ini bisa secara otomatis menyarankan cryptocurrency dengan nilai tukar yang tertinggi dalam 1 jam terakhir. Fitur yang rapi adalah alat pembandingan memungkinkan penggunanya untuk menentukan kemampuan perangkat keras mereka untuk mining koin tertentu.

Gamification dalam MinerGate perlu diapresiasi. Misalnya Coinvestors mendapatkan lencana saat menyelesaikan tugas-tugas tertentu, seperti menggunakan miner mudah atau mencapat 100 bagian.

BFGMiner

Sama seperti CGMiner, BFGMiner berkonsentrasi pada solo mining. Namun, BFGMiner tidak menargetkan GPU untuk mining, melainkan menyediakan cara-cara mining di Linux dengan perangkat ASIC dan FPGA. BFGMiner tersedia untuk Arch Linux, Gentoo, Ubuntu, OpenWRT, dan Debian.

Selain itu, BFGMiner menawarkan installer Windows 64-bit dan 32-bit. Dari segi teknis, BFGMiner ditulis dalam C dan termasuk pemantauan, clocking dinamis, dan interface jarak jauh. Instalasi BFGMiner melalui baris perintah cukup sederhana, meskipun Coinvestors harus menambahkan PPA untuk versi terbaru.

BTCMiner

Miner Bitcoin yang open-source untuk Linux, BTCMiner merupakan pilihan terbaik untuk perangkat USB FPGA. Yaitu papan miner FPGA dengan interface USB. Jika Coinvestors mining dengan salah satu miner Bitcoin USB ini, maka Coinvestors membutuhkan perangkat lunak BTCMiner.

MultiMiner

Mulailah mining Bitcoin dengan MultiMiner, alternatif mining Bitcoin yang fantastis untuk Linux. Selain dari installer Linux, Coinvestors bisa menemukan installer macOS dan Windows. Meskipun mining Bitcoin di Linux merupakan hal yang keren, Coinvestors juga bisa mining cryptocurrency lainnya seperti Litecoin.

Terlebih lagi, MultiMiner mempertahankan kompatibilitas dengan hardware mulai dari GPU, ASIC dan FPGA. Karena MultiMiner melayani miner pemula dan yang berpengalaman, MultiMiner adalah pilihan yang bagus untuk mining Bitcoin di Linux.

Multiminer agak mirip dengan MinerGate karena sifatnya yang intuitif dan banyak pilihan mining coin. Pemasangan baris perintah cepat dan tidak repot meskipun seperti BFGMiner, Coinvestors harus menambahkan PPA. Setelah aktif dan berjalan, Multiminer mudah digunakan dan menawarkan serangkaian opsi konfigurasi untuk mining GPU, CPU dan ASIC.

EasyMiner

Seperti namanya, EasyMiner memang simpel dan mudah. Dengan grafik UI yang cantik, EasyMiner dapat digunakan untuk mining Bitcoin dan Litecoin di Linux. Selain mining GPU, EasyMiner juga dapat melakukan CPU. Ini cukup ringan, menggunakan beberapa sumber daya sistem dengan pengecualian, tentu saja dari GPU Coinvestors sendiri.

Dekat protocol mining Getwork, EasyMiner mendukung solo mining dan pool. Coinvestors dapat mengunduh EasyMiner dari halaman resmi Sourceforge. Software mining Bitcoin gratis dan open-source ini menyajikan statistic real-time seperti total bagian, hash rate dan lainnya.

Featured Posts

Apple Larang Perangkatnya Dipakai untuk Tambang Bitcoin

Penerapan mata uang kripto termasuk bitcoin tampaknya masih menuai pro dan kontra. Salah satu perusahaan teknologi besar, Apple, memutuskan untuk Keep reading ...
Advertisement