• Home
  • >
  • Berita
  • >
  • Artikel Lepas
Hardware yang digunakan untuk menambang Bitcoin

Hardware Yang Digunakan Untuk Menambang Bitcoin

Langkah pertama dalam menambang bitcoin ialah kalian harus menyiapkan hardware terlebih dahulu. bagi kalian yang ingin menambang bitcoin, diantaranya:

CPU/GPU Bitcoin Mining

Hal yang paling memiliki kekuatan terlemah dalam hal penambangan bitcoin ialah komputer kalian sendiri. Secara teori, kalian seharusnya bisa menggunakan CPU kalian untuk menambang bitcoin, namun pada kenyataannya terkadang CPU kalian sangat lambat dalam kegiatan menambang bitcoin, sehingga malah akan menyusahkan dan menjadi tidak berguna.

Salah satu caranya agar tingkat kecepatan komputer kalian menjadi bertambah adalah dengan menggunakan graphics hardwaredi dalam desktopkomputer.

Di dalam graphics hardware ini adalah Graphical Processing Units (GPUs) yang didesain untuk memecahkan masalah matematika dan mengkalkulasi seluruh polygon kompleks yang biasa digunakan untuk video games masa kini.

Dengan adanya GPU di dalam komputer, menyebabkan komputer kalian menjadi cukup baik dalam memecahkan masalah transaksi blok dalam penambangan bitcoin. Kalian bisa membeli GPUs dari dua vendor, yakni ATI dan Nvidia. untuk harganya berkisar sekitar ratusan US dollar.

Sebagai contoh dari GPUs ialah ATI 5970 graphics card bisa memberikan kalian kecepatan 800 MH per detik. Jumlah ini sangat besar dibandingkan dengan CPU pada umumnya yang memiliki kecepatan kurang dari 10 MH per detik. Kelebihan lainnya dari graphics hardwareialah bisa digunakan untuk perdagangan mata uang kripto lainnya selain bitcoin.

FPGA Bitcoin Mining

FPGA yang merupakan singkatan dari Field Programmable Gate Arrayadalah sebuah sirkuit yang terintegrasi sau sama lain dan di rancang untuk konfigurasi dalam bitcoin mining. Cara kerja dari FPGA yaitu penambang membeli semacam chips dalam satuan volume tertentu, yang kemudian di rubah untuk penambangan bitcoin.

FPGA di desain khusus untuk menambang bitcoin, karenanya FPGA lebih memiliki kemajuan pesat dibandingkan dengan CPUs dan GPUs. Setiap chipspada FPGAs bisa menghasilkan sekitar 750 megahashesper detik. Tentunya hal ini memungkinkan penempatan yang lebih dari satu chips dalam box.

ASIC Bitcoin Mining

ASIC atau kepanjangan dari Application Specific Integrated Circuits, merupakan suatu aplikasi yang di desain secara khusus untuk melakukan penambangan bitcoin dengan kecepatan yang luar biasa dengan penggunaan energy yang rendah.

Karena memiliki efek yang di desain khusus untuk tugas penambangan bitcoin, harga dari ASIC terbilang cukup mahal, yakni berkisar sekitar 400 dollar amerika atau bila di rupiahkan menjadi 5,5 juta rupiah. Kecepatan yang diperoleh dari aplikasi ASIC ini adalah mulai dari 5 hingga 500 gigahashesper detik.

Featured Posts

Pembayaran Bitcoin sudah bisa diterima di 8 situs website terkenal

Menerima pembayaran dengan bitcoin – Bitcoin sudah berhasil menjadi pemimpin pasar untuk cryptocurrency, dan semakin banyak bisnis sudah Keep reading ...
Advertisement